Skuad Garuda Kembali Berhasil Bobol Gawang Timor Leste 3-0

Bola Internasional News Terkini

Pemain Timnas Indonesia Ronaldo Kwateh (kedua kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Timor Leste Tomas Sarmento dalam pertandingan sepak bola Leg 2 FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Minggu (30/1/2022). Indonesia menang 3-0 dalam laga itu. Foto : Antara.

BALI, SPORTA.ID- Skuad Garuda atau Tim Nasional (Timnas) Indonesia kembali menang 3-0 atas Timor Leste pada laga kedua FIFA matcday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (30/1).

Padahal skuad Shin Tae-yong ini turun tanpa pemain terbaiknya. Sebab sebanyak 7 pemain positif covid-19. Striker Hanis Sagara yang awalnya dimasukkan dalam line up akhirnya diganti karena tidak enak badan.

Setelah dilakukan swab pcr, Sagara dinyatakan negatif sehingga total yang positif sebanyak 7 pemain. Semengara Timor Leste juga turun tanpa susunan pemain terbaiknya. Ada 4 pemain plus 1 ofisial yang positif covid-19.

Satu gol dan assist gelandang Ricky Kambuaya membawa tim nasional Indonesia menundukkan Timor Leste dengan skor 3-0 pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu.

Selain membuat gol, Ricky mengirimkan umpan gol (assist) untuk gol Terens Puhiri. Gol lain dalam pertandingan itu dicetak oleh Ramai Rumakiek.

Dalam pertandingan tersebut, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong langsung menurunkan dua pemain berusia 17 tahun yaitu Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh sejak menit pertama.

Shin juga tidak menempatkan penyerang tengah murni di tim. Di lini depan, juru taktik asal Korea Selatan itu menempatkan Ronaldo, Ramai Rumakiek dan Terens Puhiri.

Dengan susunan pemain seperti itu, Indonesia menekan pertahanan Timor Leste dari awal laga.

Indonesia pun melesakkan gol pertama pada menit kelima melalui Terens Puhiri. Terens menuntaskan dengan baik operan terobosan Ricky Kambuaya.

Terus menyerang, skuad “Garuda” membuat gol kedua pada menit ke-41. Ramai Rumakiek melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu diantisipasi kiper Timor Leste Junildo Manuel. Skor 2-0 pun menutup laga babak pertama. Usai jeda, keadaan tak berubah. Meski sesekali menguasai bola, Timor Leste tak bisa keluar dari tekanan Indonesia.

Namun, baru pada menit ke-72 Indonesia mampu membuat gol ketiga. Kali ini, Ricky Kambuaya yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menyelesaikan akselerasi individunya ke kotak terlarang Timor Leste.

Indonesia bisa saja menambah kedudukan tujuh menit kemudian andai sepakan Marselino Ferdinan tak ditepis penjaga gawang lawan. Tak ada gol yang hadir sampai laga tuntas. Indonesia menang dengan skor 3-0.

Hasil tersebut membuat Indonesia mencatatkan dua kemenangan dari dua laga persahabatan internasional FIFA kontra Timor Leste di Bali. Sebelumnya, Kamis (27/1), Indonesia menundukkan Timor Leste dengan skor 4-1.

Sekjen PSSI Yunus Nusi berharap para pemain Timnas yang dinyatakan positif COVID-19 bisa segera pulih “Mereka yang terpapar covid-19 langsung diisolasi dan diberikan obat. Saya yakin mereka akan kembali pulih dalam 3-4 hari. Pemain sepak bola biasanya memiliki antibodi dan fisik yang mumpuni. Jadi kalau pun kena biasanya tanpa gejala,” kata Yunus Nusi seperti dikutip Sporta.id dari laman resmi PSSI.

Yunus berharap, klub-klub BRI Liga 1 2021/2022 yang bermain di pulau Bali untuk meningkatkan protokol kesehatan. Sebab saat ini covid-19 jenis omricon sedang naik di Indonesia.

“PSSI berharap semua klub meningkatkan protokol kesehatan. Buble to buble juga harus diperhatikan dan jangan dilanggar. Ini untuk kesehatan kita semua,”tandasnya(Ant/SP/Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.